Kamis, 26 April 2012

Tuntutan dan Realitas Dalam Pembelajarn Fisika


Pembahasan mengenai belajar dihubungkan langsung dengan kegiatan siswa ketika mengalami proses pembelajaran baik dilingkungan sekolah maupun luar sekolah. Sedangkan mengajar dikaitkan dengan kegiatan guru khususnya ketika berada di tengah-tengah proses belajar mengajar. Hopkins David (2011 : 288) menegaskan bahwa bagaimana pengajaran dilaksanakan akan berpengaruh besar terhadap kemampuan siswa untuk mengedukasi diri mereka sendiri. 
Dalam Realitas yang diperoleh berdasarkan hasil penelitian Direktur DITLITABMAS Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, yang disampaikan pada SIMPOSIUM NASIONAL tanggal 25 April 2012 adalah merupakan suatu realitas yang perlu dijadikan sebagai bahan acuan evaluasi dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari nilai di bawah KKM untuk wilyah Barat, Tengah dan Timur Indonesia (Lihat Gambar diatas).
Dengan demikian dunia pendidikan sudah harus melakukan suatu rekonstruksi baik pencetak calon pendidik (LPTK) serta pemerintah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar